Pengembangan SIM Perpustakan ( UML )

Diagram UML Perpustakaan

* USES DIAGRAM
Diagram Use Case adalah diagram yang menunjukkanfungsionalitas suatu sistem atau kelas dan bagaimana sistem tersebut berinteraksi dengan dunia luar dan menjelaskan sistem secara fungsional yang terlihat user. Biasanya dibuat pada awal pengembangan. Use case diagram menggambarkan fungsionalitas yang diharapkan dari sebuah sistem. Yang ditekankan adalah “apa” yang diperbuat sistem, dan bukan “bagaimana”. Sebuah use case merepresentasikan sebuah interaksi antara aktor dengan sistem. Use case merupakan sebuah pekerjaan tertentu, misalnya login ke sistem, meng-create sebuah daftar belanja, dan sebagainya. Seorang/sebuah aktor adalah sebuah entitas manusia atau mesin yang berinteraksi dengan system untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan tertentu.Use case diagram dapat sangat membantu bila kita sedang menyusun requirement sebuah sistem, mengkomunikasikan rancangan dengan klien, dan merancang test case untuk semua feature yang ada pada sistem.Pada contoh perpustakaan Seorang siswa untuk meminjam buku anggota harus mendaftar terlebih dahulu kepada petugas setelah mendaftar mahasiswa tersebut boleh membaca buku. Jika sudah menjadi anggota, siswa tersebut boleh meminjam buku kepada petugas perpustakaan dan mengembalikannya sesuai dengan ketentuan tersebut apabila anggota tersebut telat mengembalikan buku maka anggota dikenakan denda dan membayar denda tersebut kepada petugas








* ACTIVITY DIAGRAM
Definisi activity diagram yaitu teknik untuk mendiskrpsikan logika procedural, proses bisnis dan aliran kerja dalam banyak kasus kerja personal (workflow) dan alur data (flowchart).Activity diagram menggambarkan berbagai alir aktivitas dalam sistem yang sedang dirancang, bagaimana masing-masing alir berawal, decision yang mungkin terjadi, dan bagaimana mereka berakhir.Activity diagram juga dapat menggambarkan proses paralel yang mungkin terjadi pada beberapa eksekusi. Pada Digram diatas yaitu transaksi peminjaman buku :
  • Sipeminjam memberikan data buku yang akan dipinjam
  • Petugas menampilkan form peminjaman dan mencatat data buku yang akan di pinjam
  • Petugas menghitung biaya sewa
  • Peminjam membayar sewa buku 
  • Petugas mencatat ID anggota
  • Petugas memberikan buku dan kartu pinjam anggota







* SQUENCE DIAGRAM
Sequence diagram adalah suatu diagram yang menggambarkan interaksi antar obyek dan mengindikasikan komunikasi diantara obyek-obyek tersebut. Diagram ini juga menunjukkan serangkaian pesan yang dipertukarkan oleh obyek-obyek yang melakukan suatu tugas atau aksi tertentu. Obyek-obyek tersebut kemudian diurutkan dari kiri ke kanan, aktor yang menginisiasi interaksi biasanya ditaruh di paling kiri dari diagram.Pada diagram ini, dimensi vertikal merepresentasikan waktu. Bagian paling atas dari diagram menjadi titik awal dan waktu berjalan ke bawah sampai dengan bagian dasar dari diagram. Garis Vertical, disebutlifeline, dilekatkan pada setiap obyek atau aktor. Kemudian lifeline tersebut digambarkan menjadi kotak ketika obyek melakukan suatu operasi , kotak tersebut disebut activation. Obyek dikatakan mempunyai live activation pada saat tersebut.Boundary Class:
Class yang berinteraksi dengan aktor langsung (user interface) Form, input, UI ini masuk di sini
Control Class:Class yang berhubungan dengan pemrosesan, penghitungan, kalkulasi,komputasi, query, dst
Entity Class:Class yang berhubungan dengan data, penyimpanan data/file.
 



* CLASS DIAGRAM
Class adalah sebuah spesifikasi yang jika diinstansiasi akan menghasilkan sebuah objek danmerupakan inti dari pengembangan dan desain berorientasi objek. Class menggambarkankeadaan (atribut/properti) suatu sistem, sekaligus menawarkan layanan untuk memanipulasikeadaan tersebut (metoda/fungsi). Class diagram menggambarkan struktur dan deskripsi class, package dan objek beserta hubungan satu sama lain seperti containment , pewarisan, asosiasi,dan lain-lain.Class memiliki tiga area pokok :
1. Nama (dan stereotype) 
2. Atribut 
3. Metoda Atribut dan metoda dapat memiliki salah satu sifat berikut : 
Private, tidak dapat dipanggil dari luar class yang bersangkutan Protected, hanya dapat dipanggil oleh class yang bersangkutan dan anak-anak yang mewarisinya Public, dapat dipanggil oleh siapa saja Class dapat merupakan implementasi dari sebuah interface, yaitu class abstrak yanghanya memiliki metoda.Interface tidak dapat langsung diinstansiasikan, tetapi harusdiimplementasikan dahulu menjadi sebuah class. Dengan demikian interface mendukung resolusimetoda pada saat run-time. Sesuai dengan perkembangan class model, class dapatdikelompokkan menjadi package. Kita juga dapat membuat diagram yang terdiri atas package.

Contoh Class Diagram
 
x

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UML